ICT Habiskan 40 Persen Total Konsumsi Energi Dunia

Konsumsi energi untuk penerapan teknologi informasi dan komunikasi ternyata mencapai 40 persen dari total konsumsi energi secara global. Demikian diungkapkan Partono Rudiarto, Direktur Inixindo, salah satu perusahaan ICT terkemuka di Indonesia, dalam acara Green ICT yang digelar hari ini, Kamis (8/4/2010), di Jakarta Convention Center.

Tak hanya itu, menurut Partono angka 40 persen tersebut masih akan terus bertambah sejalan dengan pesatnya belanja produk ICT di seluruh dunia. “Angka ini akan terus tumbuh sejalan dengan pesatnya belanja produk ICT di seluruh dunia,” ujarnya. Terkait hal tersebut, muncul berbagai inisiatif untuk bisa memanfaatkan ICT secara aman, ramah lingkungan, dan hemat energi yang dikenal dengan istilah Green ICT.

Untuk memotivasi seluruh organisasi di Indonesia agar menerapkan Green ICT, ada tiga hal yang perlu diperhatikan. “Pertama, aspek regulasi seperti komitmen menjaga lingkungan dunia. Kedua, aspek ekonomis, memberikan solusi efisiensi menyeluruh pada setiap organisasi. Terakhir, aspek pencitraan, akan meningkatkan image dan perusahaan sebagai organisasi yang peduli lingkungan,” tandas Direktur Inixindo itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s