Tenaga Honda CBR150R Galak Di atas 7.000 RPM

Honda CBR 150R tidak dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Honda di Indonesia. Tapi, bagi yang kepincut bisa mendapatkannya di importir umum (IU) seperti Pro Bike. Nah, Motor Plus telah menjajalnya dan inilah hasilnya.

Tampilan New CBR 150R ini perpaduan CBR1000RR yang menonjol pada fairing dengan VFR1200F yang tampak pada cover depan. Bahkan secara keseluruhan, bentuknya sangat dekat dengan CBR250R, hanya dimensi lebih kecil.

kendati modelnya sport, posisi berkendara agak berubah. Dimensinya sedikit lebih lebar dari CBR 150 lama. Kemudian, spidometer gampang dibaca karena indikatornya perpaduan digital (penunjuk kecepatan) dan analog (takometer). Trus, posisi tangki bahan bakar yang memuat 13 liter, agak lebih tinggi.

Ubahan lain, sistem suplai bahan bakar bukan pakai karburator vakum dan sudah injeksi dengan sistem pramable fuel injection atau di Honda beken disebut PGM-FI. Dengnan diameter piston 63,5 mm dan langkah 47,2 mm, New CBR 150R ini punya perbandingan kompresi 11:1. Cukup tinggi, tapi di tangki tertulis bisa diisi bensin beroktan 91.

Karena sudah memakai teknologi PGM-FI, power terasa sangat berbeda. Maksudnya, tenaga terasa lebih menyentak. Gigi I saja mencapai 47 km per jam saat jarum putaran mesin berada pada 11.500 rpm. Untuk gigi II berada di kecepatan 76 km per jam.

Saat bermanuver, handling CBR 150R terasa lebih mantap. Sebab, kedua roda mengaplikasi ban lebar, yakni 100/80-17 (depan) dan 130/70-17 (belakang).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s