Gunakan izin terbang palsu, 14 pilot India ditahan

Sebanyak 14 pilot pesawat penerbangan komersial di India ketahuan memiliki izin terbang palsu. Pihak otoritas penerbangan India pun mencabut izin terbang dan menahan para pilot tersebut. Kasus ini terbongkar saat terdapat sejumlah pilot yang melakukan pendaratan yang buruk. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kenyamanan terbang para penumpang. Pihak otoritas India pun melakukan pemeriksaan terhadap hal ini dan ditemukan fakta bahwa beberapa pilot tersebut menggunakan dokumen palsu dalam mendapatkan izin terbangnya.

Sedikitnya 6 orang pilot dari maskapai penerbangan komersial, termasuk Air India, Indigo dan SpiceJet telah ditahan oleh otoritas setempat. Penahanan ini dilakukan usai dilakukannya razia izin terbang terhadap ribuan pilot yang ada.

“Kami telah mencabut izin terbang 14 orang pilot yang menerbangkan psawat penumpang. Semuanya terbukti telah menyerahkan catatan pelatihan palsu,” terang Direktur Jenderal Perhubungan Udara India EK Bharat Bhusan kepada AFP, Jumat (25/3)

Keempatbelas pilot tersebut diketahui mendapatkan lisensi atau izin terbangnya dari Sekolah Penerbangan Rajashtan yang ada di wilayah India bagian barat. Pihak otoritas setempat telah memeriksa buku catatan instruktur pada sekolah penerbangan tersebut dan menemukan temuan mengejutkan.

Dari buku catatan tersebut, ditemukan fakta bahwa para pilot yang ditangkap baru menjalani pelatihan penerbangan selama 50-60 jam. Padahal sesuai ketentuan, seorang pilot haruslah menyelesaikan pelatihan penerbangan selama minimal 200 jam untuk bisa mendapatkan izin terbangnya.

Sementara BBC melaporkan, perjalanan udara berkembang pesat di India membuat pilot banyak dibutuhkan. Minat untuk menjadi pilot sangat tinggi dan dikhawatirkan muncul praktek sogok dari para calon ke panitia seleksi. Karena kasus surat izin palsu ini, surat izin 4.000 pilot di India akan diteliti kembali.

sumber: SIB, Sabtu 26 Maret 2011, hal.6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s