Bandara Kuala Namu Harus Beroperasi 2012?

Ketua Kamar Dagang dan Industri Sumut, Irfan Mutyara meminta semua jajaran terkait di daerah itu untuk sama-sama mendesak pemerintah pusat agar pengoperasian Bandara Kuala Namu pengganti Polonia Medan benar-benar terwujud pada tahun 2012.

“Semuanya, tidak terkecuali masyarakat, harus peduli dengan pembangunan Kuala Namu itu karena bandara tersebut sangat berarti untuk mendorong pembangunan ekonomi daerah itu yang berimbas positif kepada seluruh masyarakat,” katanya di Medan, Minggu (27/2).

Bandara pengganti Polonia Medan itu bukan hanya sekadar memperlancar arus ekspor-impor barang, tetapi juga meningkatkan arus masuk manusia termasuk memberikan lapangan kerja baru yang lebih banyak.

“Semua elemen akan diuntungkan dengan beroperasinya Kuala Namu, jadi harus benar-benar diperjuangkan , jangan sampai operasional bandara itu meleset lagi,” katanya.

Menurut Irfan, jika Kuala Namu dioperasikan, pertumbuhan ekonomi Sumut bisa melejit jauh diatas yang diraih tahun 2010 sebesar 6 persenan.

Bayangkan, dengan infrastruktur yang tidak memadai saja dewasa ini, tiap tahun pertumbuhan perekonomian Sumut terus meningkat dan cenderung di atas angka nasional, katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumut, Riadil Akhir Lubis, ketika menjadi pembicara di acara ujian calon anggota muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Sabtu, menyebutkan, Pemerintah Provinsi Sumut terus berupaya mendesak pemerintah pusat untuk mengucurkan dana pembangunan Kuala Namu dengan harapan bandara itu bisa dioperasikan 2012.

Desakan pemerintah Provinsi Sumut dan didukung kalangan lainnya termasuk media massa lewat pemberitaannnya, kata dia, diakui bernilai positif dengan adanya respon bagus dari pemrintah pusat.

Tahun ini misalnya, diharapkan ada dana Rp1 triliun untuk menyiapkan infrastruktur berkaitan dengan Bandara Kuala Namu itu. Sementara di 2012, diharapkan juga ada tambahan sekitar Ro700 miliar lagi sehingga semua infrastruktur rampung dan bandara itu bisa doperasikan tahun itu juga, katanya.

Menurut dia, Bandara Kuala Namu, akan menjadi kebanggaan Sumut banhkan Indonesia mengingat bandara itu adalah bandara dengan fasiltas terbaik dan terlengkap di Indonesia, antara lain dengan adanya transportasi kereta api dari dan ke bandara itu.

sumber: http://www.analisadaily.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s