Berbagai Insiden Pesawat MA 60 Made in China

Jakarta – Tak kurang dari 20 orang tewas akibat kecelakaan pesawat Merpati MZ-8968 yang jatuh di Teluk Kaimana, Papua Barat. Sejak diproduksi tahun 2000, berbagai insiden dialami pesawat buatan Xian Aircraft Industrial Corporation, China, ini. Kecelakaan dalam arti insiden memang beberapa kali terjadi (dialami MA 60). Sebelumnya yang terjadi adalah kasus keluar landasan atau menabrak hewan di hutan. Dari berbagai insiden yang terjadi sebelum kecelakaan di Papua Barat, tidak pernah ada korban jiwa. Sebelumnya tidak ada yang menyebabkan orang meninggal. Berikut ini berbagai insiden pesawat MA 60:

1. 7 Desember 2010 MA 60 yang dioperasikan Myanmar Airways yang terbang dari Tavoy, di Myanmar, bagian selatan, tergelincir dari landasan pacu saat mendarat di Bandara Internasional Yangon. Tidak ada korban dalam peristiwa itu.

2. 11 Januari 2009 MA 60 yang dioperasikan Zest Airways, Filipina, terbang dengan 22 penumpang dan 3 kru. Pesawat itu meninggalkan Manila sekitar 6.10 waktu setempat dalam penerbangan domestik ke Caticlan. Saat roda pesawat menyentuh landasan pacu kala mendarat, pesawat tiba-tiba berbelok tajam ke kiri. Pesawat itu lantas menghantam sebuah penghalang beton, sehingga hidung pesawat rusak. Akibat peristiwa itu, landing gear dan baling-baling pesawat rusak parah. Tiga petugas bandara terluka karena terkena pecahan tubuh pesawat, namun tidak ada korban tewas.

3. 25 Juni 2009 MA 60 yang dioperasikan Zest Airways kembali mengalami insiden. Pesawat rute Manila-Caticlan yang mengangkut 54 penumpang dan 5 kru itu dilaporkan keluar landasan pacu saat mendarat di Bandara Godofredo P Ramos. Bandara sempat ditutup beberapa jam. Untunglah tidak ada korban dalam peristiwa itu.

4. 3 November 2009 Xian MA 60 yang dioperasikan Air Zimbabwe menabrak 5 babi saat akan take off pada malam hari dari Bandara Internasional Harare. 34 Penumpang yang diangkut pesawat tersebut tidak terluka, hanya saja badan pesawat mengalami kerusakan. Rupanya di Zimbabwe, hewan liar bisa berjalan-jalan di sekitar landasan bandara.

5. 18 Maret 2011 Transporte Aereo Militar TAM Bolivia yang mengoperasikan MA 60 dari La Paz mengangkut 33 penumpang dan kru mendarat darurat di desa wisata Amazon Rurrenabaque saat. Tidak ada laporan adanya korban dalam insiden tersebut.

6. 7 Mei 2011 Pesawat MA 60 yang dioperasikan Merpati Nusantara Airways jatuh di Teluk Kaimana, Papua Barat. Menurut GM Corporate Secretary & Legal Merpati Imam Turidy, pesawat mengangkut 19 penumpang dan 6 kru. Pesawat naas itu menghujam laut sekitar 500 meter dari landasan pacu Bandara Utarom, Kaimana. Semua penumpang dan kru pesawat tewas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s