10 Maskapai Teraman di Dunia

Lembaga pemeringkat maskapai dunia yaitu Air Transport Rating Agency (ATRA) mengumumkan 10 peringkat teratas maskapai teraman di dunia. Kesepuluh maskapai tersebut berasal dari Eropa, AS, dan Jepang.

Dalam rilis ATRA yang dikutip dari AFP, Selasa (30/8/2011), tiga maskapai teraman di Eropa adalah Air France-KLM, British Airways, dan Lufthansa.

Kemudian ada enam maskapai teraman dari AS yaitu AMR Corporation, Continental Airlines, Delta Airlines, Southwest Airlines, United Airlines, dan US Airways. Lalu yang terakhir adalah dari Asia yakni Japan Airlines.

Penilaian untuk peringkat ini dilakukan ATRA dengan memeriksa informasi publik yang tersedia dalam 15 kriteria, seperti rata-rata umur pesawat yang digunakan maskapai, dan homogenitas armadanya.

ATRA menyatakan, untuk menilai keamanan maskapai, tidak bisa hanya dilihat dari data kecelakaan saja, tapi juga dari sisi teknis, tenaga pekerja, serta organisasinya.

Meskipun Uni Eropa menerbitkan ‘daftar hitam’ maskapai penerbangan berbahaya, namun terdapat perbedaan nyata dalam keselamatan pada perusahaan penerbangan lain.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s